PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRATEEPTHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND

Zamzami, Rifa'atus Shoolihah (2018) PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRATEEPTHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI-142071000023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan materi. Mengajar bukan hanya sekedar transfer ilmu, mengajar adalah memberi pengetahuan, harus ada interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk saling belajar. Selain dari pada itu Pembelajaran bukan hanya sekedar menghabiskan waktu, tetapi perlu desain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Diperlukan perencanaan pembelajaran yang efektif dan kreatif sehingga pada proses pelaksanaannya tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan apa yang telah ditargetkan. Prateeptham Foundation School adalah salah satu lembaga yang melaksanakan pembelajaran pendidikan yang berbasis pesantren di Thailand sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya dibutuhkan perencanaan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui desain perencanaan pembelajaran seperti apa yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Prateeptham Foundation School. Jenis penelitian yang dilakukakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan beberapa peserta didik tingkat mattayom. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentsi. Sedangkan dalam analisis data. Menggunakan teknik analisis Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Prateeptham Foundation School adalah perencanaan pembelajaran di dalam Kelas, program even tahunan dan kerjasama antara pihak sekolah dan wali murid. Adapun Proses dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Prateeptham Foundation School kurang baik, pada pelaksanaannya terkadang guru menyampaikan atau melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan apa yang telah direncanakan sehingga peserta didik beberapa ada yang memahami dan beberapa ada yang kurang memahami, dan untuk evaluasi pembelajaran guru melakukan ujian harian kemudian melaksankan ujian semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Perencanan Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Prateeptham Foundation School
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:42
Last Modified: 28 Aug 2018 06:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item