PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS III DI SDN WADUNGASIH 2

Diana, Azmil (2018) PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS III DI SDN WADUNGASIH 2. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI Azmil Diana 148620600270.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karakter cinta tanah air dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PKN siswa kelas III di SDN Wadungasih 2 yang dilatar belakangi karena Guru cenderung menggunakan buku paket yang bersifat informatif dan kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini terbukti bahwa dari 21 siswa, terdapat 10 (47,62%) siswa yang mendapat nilai diatas, sedangkan 11 (57,14%) ssiswa mendapat nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karakter cinta tanah air dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PKN siswa kelas III di SDN Wadungasih 2. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan penelitian Quasi-Experimental Designs dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas III SDN Wadungasih 2. Hal ini terbukti berdasarkan hasil dari perhitungan data yang telah dilakukan, diperoleh thitung = 10,38 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel = 2,09. dengan taraf Signifikan 5%, diketahui bahwa thitung = 10,38 lebih besar dari ttabel = 2,09 (thitung < ttabel < thitung). Dengan demikian, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. dan dengan menggunakan rumus Eta Squared, Hasil perhitungan diperoleh nilai sebesar 0,7 artinya Penerapan bahan ajar berbasis karakter cinta tanah air dengan pendekatan kontekstual berpengaruh sedang terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PKN siswa kelas III di SDN Wadungasih 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Karakter cinta tanah air dengan pendekatan kontekstual; Hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:18
Last Modified: 28 Aug 2018 07:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4966

Actions (login required)

View Item View Item