PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA KELAS 3 SDN KEBONAGUNG 1

syaidah, nur laili (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA KELAS 3 SDN KEBONAGUNG 1. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI lengkap -LAILI N.S - 148620600040 pdf new.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Menulis aksara jawa masih dirasa sulit bagi siswa, khususnya pada kelas 3 dengan materi menulis huruf jawa bersandhangan swara, sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran tersebut. Tujuan dari keterampilan menulis aksara jawa adalah agar siswa dapat menulis aksara jawa tanpa melihat kamus jawa atau pepak kawruh basa jawa serta mampu menulis sandhangan swara sesuai dengan tata letaknya dengan benar. Sedangkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) terhadap keterampilan menulis aksara jawa kelas 3 SDN kebonagung 1; (2) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) terhadap keterampilan menulis aksara jawa kelas 3 SDN kebonagung 1. Metode penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif desain penelitian yang terdapat pada penelitian ini yaitu menggunakan Pre Experimental Designs yaitu One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi yaitu kelas 3 SDN Kebonagung 1 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan thitung (3,161) > ttabel (1,729). Dan juga terdapat pengaruh besar terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa dilihat hasil dari perhitungan Eta Squareyaitu thitung (0,65) >ttabel(0,14).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT); Keterampilan menulis aksara jawa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:27
Last Modified: 28 Aug 2018 06:27
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item