ANALISIS MODALITAS BELAJAR SISWA KELAS 1 HAMZAH SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO

Kholidah, Nafisah Nur (2018) ANALISIS MODALITAS BELAJAR SISWA KELAS 1 HAMZAH SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI NAFISAH NUR KHOLIDAH 148620600265.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap modalitas belajar siswa visual, auditory, dan kinestetik. Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Gaya belajar sama halnya dengan modalitas belajar berkaitan satu sama lain. Modalitas dapat dilihat saat kita menangkap informasi melalui panca indra yang dimiliki. Informasi yang telah diterima oleh panca indra kita dapat berpengaruh pada rangsangan yang akan disalurkan melalui kekuatan otak untuk menyimpan informasi tersebut. Informasi terkait karakteristik modalitas belajar siswa yang akan diajarkan, sangat pening bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa dalam proses pembelajaran guru memberikan wadah tersendiri untuk siswa menemukan dan mengembangkan modalitas yang dimiliki oleh siswa. Setiap individu, siswa dapat mengetahui bahwa modalitas yang ada pada diri siswa, sehingga bisa dijadikan untuk mengarahkan potensi dalam pembelajaran yang berlangsung maupun dalam bentuk prestasi yang digemari oleh siswa. Modalitas belajar ini dapat menjadikan siswa untuk meningkatkan kualitas pada individu siswa menjadi lebih baik dengan arahan guru maupun orangtua dengan tepat. Modalitas yang ada pada siswa laki-laki berbeda dengan modalitas yang dimiliki siswa perempuan meskipun tidak sangat signifikan dalam perbedannya. Modalitas belajar visual sangat nampak pada siswa perempuan maupun pada siswa laki-laki. Modalitas auditori sangat nampak pada siswa laki-laki. Dan modalitas belajar kinestetik sangt nmpak pada siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Modalitas Beajar; Visual; Auditory; Kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:25
Last Modified: 28 Aug 2018 07:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4921

Actions (login required)

View Item View Item