Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Membina Religiusitas Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Sari, Artika Anjung (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Membina Religiusitas Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama islam harus memiliki strategi-strategi untuk membina Religiusitas pada diri siswa. Karena membina Religiusitas pada siswa tidak terlepas dari guru terutama guru Agama Islam. Sehingga siswa senantiasa selalu memiliki sifat yang selalu taat kepada Allah SWT. Sekolah islam harus bisa menerapkan konsep bahwasanya pendidikan umum dengan pendidikan agama harus di padukan dalam rangka membentuk manusia yang perpengetahuan serta manusia yang taat akan menjalankan perintah dan larangan Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam untuk membina religiusitas pada siswa. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian lapangan( Field Research ) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, Subjek dalam penelitian ini adalah wakakurikulum, serta guru-guru, pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknis analisis data Mile dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Strategi yang di gunakan dalam membina Religiusitas siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo adalah dengan pembelajaran di dalam kelas seperti pembelajaran dengan keteladanan, pembelajaran dengan nasehat, dan pempelajaran dengan hukuman. Tidak hanya pembelajaran di dalam kelas, guru pendidikan agama islam juga menggunakan pembelajaran di luar kelas seperti kegiatan sholat Dhuha, Dhuhur dan juga Ashar berjamaah, infaq, diniyah dan kajian keislaman. Di samping itu dalam membina religiusitas pada siswa guru Pendidikan Agama Islam juga mengalami kendala-kendala yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, terbatasnya waktu pembelajaran agama islam, Pengaruh Lingkungan pergaulan siswa dan juga Pengaruh negatif perkembangan kemajuan teknologi. Setelah mengetahui kendala-kendala tersebut guru Pendidikan Agama Islam juga sudah meberikan upaya atas kendala-kendala tersebut di antaranya adalah memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah SMP Muhammadiyah, Memaksimalkan bimbingan keagamaan, dan juga Membangun kerja sama antara wali kelas dan juga orang tua siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi; Membina; Religiusitas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:22
Last Modified: 29 Aug 2018 03:22
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4867

Actions (login required)

View Item View Item