PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SDN KEBONAGUNG 2 PORONG

ningsih, wiwik tri ayu (2018) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SDN KEBONAGUNG 2 PORONG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap 148620600282.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai studi international yang menyatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar di Indonesia masih rendah yaitu berada pada peringkat ke-61 dari 69 negara. Hal tersebut disebabkan karena ketika membaca, peserta didik masih belum mengarah pada proses pembelajaran membaca pemahaman. Didukung pula dengan adanya hasil observasi di lapangan, guru belum memanfaatkan metode pembelajaran yang mengarahkan peserta didik ke membaca pemahaman. Maka dari itu, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik untuk membaca sekaligus memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kebonagung 2 Porong. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipe One Group Pre-test Post-test Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sumber data diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kebonagung 2 Porong. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai thitung 7,89 > nilai ttabel 2,02 maka Ha diterima Ho ditolak. Dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,78. Apabila merujuk pada kriteria interpretasi maka penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R; Membaca Pemahaman; Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 01:12
Last Modified: 28 Aug 2018 01:12
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item