Nurfadillah, Nadin (2018) Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
skripsi lengkap (148620600147).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang di jadikan objek penelitian adalah 50 siswa dari kelas VA dan VB di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes, dimana lembar tes tersebut tebagi menjadi dua yaitu, pretes dan postes untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pengaruh Eta squared dengan taraf signifikan 5% . Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh besar teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Dengan perolehan hasil analisis data menunjukkan t_(hitung ) sebesar 4,516 dan t_(tabel )sebesar 1,684. Jika dibandingakan dengan t_(hitung )dengan t_(tabel )sebesar 4,516 > 1,684. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Teknik akrostik; Hasil Belajar Menulis Puisi |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:11 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:11 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4769 |
Actions (login required)
View Item |