Aini, Qurrotul (2018) PROFIL METAKOGNISI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI QURROTUL AINI (148620600259).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (19MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksplorative. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas V yang masing-masing bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes MFFT (Macthing Familiar Figure Tes), Tes Kemampuan Metakognisi (TKM) 1 dan 2, pedoman wawancara dan lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menguji keabsahan data menggunakan tringgulasi tehnik dengan cara mengambil data yang sama dengan tehnik yang berbeda. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek reflektif sudah melakukan aktivitas metakognitif yang meliputi perencanaan, memonitor, dan mengevaluasi tindakan yang ditunjukkan dengan indikator pada masing-masing aktifitas metakognitif yang lebih banyak terpenuhi. Sedangkan subjek impulsif melakukan aktivitas metakognitif yang meliputi perencanaan, memonitor dan mengevaluasi, namun masih banyak indikator masing-masing aktivitas metakognitif yang belum terpenuhi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa profil metakognisi subjek reflektif lebih baik dibandingkan subjek impulsif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Metakognisi ; menyelesaikan masalah ; matematika ; gaya kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:37 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:37 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4760 |
Actions (login required)
View Item |