PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL)TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKCERITA SISWA KELAS V C SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Deviana, Avinda Riza (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL)TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKCERITA SISWA KELAS V C SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap Riza Avinda D. WATERMAK- 148620600288.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan bentuk pre-eksperimental design jenis one group pretest-posttest. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan menyimak cerita yaitu Pretest dan Posttest. Data dianalisis menggunakan N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan N-Gain diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 0,6 atau 60% pada kriteria sedang. Sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebesar 0,6 atau 60%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual); Keterampilan Menyimak Cerita ; Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:49
Last Modified: 27 Aug 2018 08:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item