Darmala, Ajeng (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 3 Siswa Kelas IV SDN Sumput Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI AJENG DARMALA 148620600092.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 kelas IV SDN Sumput Sidoarjo dan mendeksripsikan besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 kelas IV SDN Sumput Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di SDN sumput Sidoarjo.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Sumput Sidoarjo dengan sampel 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 2,48 > ttabel 1,7906 pada taraf signifikan 5% dan dk 52. Nilai t hitung berada di luar penerimaan H0, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh sedang terhadap hasil belajar tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 kelas IV SDN Sumput Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 02:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 02:05 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4685 |
Actions (login required)
View Item |