DESKRIPSI PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 3 SIDOARJO

Rahayuningtyas, Wikanthi (2018) DESKRIPSI PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 3 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 148420100028.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran ilmiah (scientific reasoning) siswa yang memiliki gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. Pendekatan penelitian ini merupakan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan subjek penelitian 3 orang siswa kelas VIII-E yang memiliki tipe gaya belajar yang berbeda yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar audio, dan gaya belajar kinestetik. Data penelitian diperoleh dari triangulasi teknik. Teknik tes tulis mengadopsi dari Classroom Test Of Scientific Reasoning (CTSR) oleh Lawson, teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian penunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki pola penalaran formal dan pola penalaran konkret. Namun lebih dominan memiliki pola penalaran konkret. Siswa dengan gaya belajar audio dan kinestetik hanya memiliki pola penalaran konkret tanpa memiliki pola penalaran formal. Kata kunci : Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning), Gaya Belajar,CTSR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning; Gaya Belajar; CTSR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: pipa umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:40
Last Modified: 28 Aug 2018 03:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item