Presilvania, Novia (2018) Analisis Keterampilan Berargumentasi Siswa SD Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap - 148620600178.Pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (17MB) |
Abstract
Setelah melakukan observasi di SD Muhammdiyah 1 Sidoarjo, ditemukan fakta bahwa dalam sekolah tersebut sudah menerapkan program literasi untuk kelas 4, 5, dan 6 guna untuk melatih siswa dapat berargumen serta saling berdiskusi pada pagi hari sebelum pelajaran dimulai. Sekolah sudah memberikan program yang sangat baik bagi para siswa, hanya saja belum ada yang menganalisis keterampilan berargumen siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berargumentasi siswa SD berdasarkan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kualitatif jenis fenomenologi yaitu mengungkap fakta/fenomenologi keterampilan berargumentasi siswa dalam mata pelajaran PKn berdasarkan Gaya Belajar materi Keputusan bersama. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini ada 3 subjek karena terdapat 3 gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi pada subjek visual yaitu level 3, keterampilan berargumentasi pada subjek auditori yaitu level 4 dan keterampilan berargumentasi pada subjek kinestetik yaitu level 4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar; Keterampilan Berargumentasi; PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:51 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:51 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4652 |
Actions (login required)
View Item |