pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Izzati, Nailul (2018) pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600080.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skill sekolah dasar. Proses pengembangan perangkat terdiri dari tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Perangkat yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi,angket respon siswa, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas lima SDN Keret Krembung Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang dikembangkan berkualitas baik. Hal ini dapat dilihatdari aspek kevalidan, yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari validator 3,86 dari skor maksimal 5 dan LKS memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari validator 3,83 dari skor maksimal 5; aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa berkategori baik; aspek keefektifan berdasarkan respon siswa berkategori positif dan persentase ketuntasan hasil tes belajar siswa di SDN Keret Krembung Sidoarjo yang mencapai 80,00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika; Higher Order Thingking Skill; pendidikan dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 01:30
Last Modified: 28 Aug 2018 02:14
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item