Izzati, Nailul (2018) pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
148620600080.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skill sekolah dasar. Proses pengembangan perangkat terdiri dari tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Perangkat yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi,angket respon siswa, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas lima SDN Keret Krembung Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang dikembangkan berkualitas baik. Hal ini dapat dilihatdari aspek kevalidan, yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari validator 3,86 dari skor maksimal 5 dan LKS memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari validator 3,83 dari skor maksimal 5; aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa berkategori baik; aspek keefektifan berdasarkan respon siswa berkategori positif dan persentase ketuntasan hasil tes belajar siswa di SDN Keret Krembung Sidoarjo yang mencapai 80,00%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika; Higher Order Thingking Skill; pendidikan dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 01:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 02:14 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4552 |
Actions (login required)
View Item |