PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI KERET KREMBUNG SIDOARJO

Afiyah, Siti Nur (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI KERET KREMBUNG SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI - SITI NUR AFIYAH - 148620600084.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Keret Krembung mendeskripsikan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Keret Krembung Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A dan III-B SDN Keret Krembung Sidoarjo dengan sampel 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas III-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji-t dan nilai yang didapat yaitu thitung = 7,29 > ttable = 2.060 pada taraf signifikan 5% dan dk 50. Nilai t hitung berada diluar penerimaan Ho, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Keret Krembung Sidoarjo dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh besar terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Keret Krembung Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT); Hasil Belajar; IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:43
Last Modified: 27 Aug 2018 03:43
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item