Profil Pemahaman Geometri Van Hiele Level Visualisasi Pada Siswa Kelas III SDN Sumput Sidoarjo

Safitri, Duwik (2018) Profil Pemahaman Geometri Van Hiele Level Visualisasi Pada Siswa Kelas III SDN Sumput Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI DUWIK SAFITRI 148620600118.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemahaman geometri siswa serta dengan kemampuan pemahaman matematis yang dilihat dari tinggi, sedang, dan rendah. Profil pemahaman geometri ini didukung oleh salah satu teori yaitu Van Hiele yang memiliki 5 tingkatan yang setiap tingkatannya menggambarkan proses berfikir anak bidang geometri. Pada SDN Sumput Sidoarjo pemahaman geometri belum pernah diteliti dan dikukur sehingga kurang diperhatikan dan tingkat pemahaman siswa yang kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif yang dilakukan di SDN Sumput Sidoarjo pada siswa kelas III. Subjek dalam penelitian yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan Tes, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menguji keabsahan data menggunakan tringgulasi tehnik dengan cara mengambil data yang sama dengan tehnik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman geometri Van Hiele pada siswa kelas III SDN sumput sidoarjo sebesar 14,8% berada dalam pra-visualisasi, dan sebesar 87% berada dalam level Visualisasi dengan kemampuan pemahaman matematis siswa tinggi mampu berada dalam level visualisasi dengan sempurna sesuai dengan kriteria Van Hiele serta cermat dan teliti, siwa berkemampuan pemahaman sedang berada dalam level visualisasi dengan kriteria mampu membedakan bangun dan bukan bangun namun belum mampu menggambarkan dengan sempurna dan kurang teliti, sedangkan kemampuan pemahaman matematis siswa rendah dalam level visualisai dengan kriteria kurang dalam menggambar bangun, dan menentukan bentuk bangun yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Matematis; Geometry; Van Hiele
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:54
Last Modified: 21 Aug 2018 06:54
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item