Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SDN Dukuhsari II Jabon

Saadiah, Qur'aynia Halimatus (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SDN Dukuhsari II Jabon. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600078.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Dukuhsari II Jabondan mendeskripsikan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN Dukuhsari II Jabon.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitianNonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A dan III-B SDN Dukuhsari II Jabon dengan sampel 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas III-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji-t dan nilai yang didapat yaitu thitung = 11,73 > ttabel = 2,093 pada taraf signifikan 5% dan dk 38. Nilai t hitung berada diluar penerimaan Ho, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horayberpengarh terhadap hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan kelas III SDN Dukuhsari II Jabon dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horayberpengaruh besar terhadap hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan kelas III SDN Dukuhsari II Jabon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay; Hasil BelajaR; IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 24 Aug 2018 03:06
Last Modified: 24 Aug 2018 06:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item