PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA DADU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN PKn SISWA KELAS III DI MI NABA’UL ULUM WONOSARI

Fitriya, Anita (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA DADU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN PKn SISWA KELAS III DI MI NABA’UL ULUM WONOSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammdiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 148620600050.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pada strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif pelajaran PKn siswa kelas III di MI Naba’ul Ulum Wonosari yang berlatar belakang masalah yaitu rendahnya hasil belajar PKn banyak siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dari hasil evaluasi berdasarkan ulangan harian menunjukkan 60% tidak tuntas pelajaran PKn, siswa mengalami kesulitan untuk menerima dan memahami pelajaran PKn karena ditemukannya bahwa siswa mengalami kesulitan untuk menerima dan memahami pelajaran PKn karena itu peneliti menawarkan pembaharuan dalam proses pembelajaran yaitu Strategi pembelajaran aktif tipe index card match berbantuan media dadu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain yang digunakan Pre-Experimental design dengan bentuk design One-Group Pretest-Posttest Desain. Dalam penelitian menggunakan sampel berjumlah 18 siswa. Instrument yang digunakan penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif pretest-posttest berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui hasil perhitungan uji t diperoleh thitung 15,68 ˃ ttabel 2,101, maka Ha diterima dan Ho ditolak dan uji tingkat seberapa besar pengaruh yaitu 0,94 ˃ 0,14. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang besar dalam strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III pelajaran Pkn di MI Naba’ul Ulum Wonosari sebesar 0,94.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Berbantuan Media Dadu; Hasil Belajar Kognitif; PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:14
Last Modified: 20 Aug 2018 06:14
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item