Motivasi Belajar Pemrograman pada Mahasiswa PTIK Ditinjau dari Latar Belakang Sekolahnya

Rusdianawati, Rista (2017) Motivasi Belajar Pemrograman pada Mahasiswa PTIK Ditinjau dari Latar Belakang Sekolahnya. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Aditya Toni Setiawan.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar pemrograman pada mahasiswa PTIK ditinjau dari latar belakang sekolahnya, yaitu yaitu SMK (jurusan TI) dengan Non SMK (meliputi SMK bukan jurusan TI, SMA/MA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PTIK di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan sampel yang diambil adalah mahasiswa PTIK UMSIDA yang berjumlah 41 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan norma persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar pemrograman pada mahasiswa PTIK baik lulusan SMK maupun non SMK berada pada kategori sedang/cukup (level C); (2) Jika ditinjau dari nilai persentase reratanya, motivasi belajar mahasiswa PTIK lulusan non SMK lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa lulusan SMK; (3) Jika ditinjau dari dimensi yang membentuk motivasi, terdapat dimensi yang berada pada kategori rendah, yaitu keinginan mendalami materi, bekerja secara mandiri, dan senang menyelesaikan masalah yang rumit. Berdasarkan hasil tersebut dapat diinterpretasikan bahwa ketiga dimensi ini merupakan dimensi yang sifatnya sebab akibat. Sehingga rendahnya ketiga dimensi ini dapat diatasi dengan cara terus menumbuhkan keinginan dan memfasilitasi mahasiswa terkait pendalaman materi. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki pemahaman serta keterampilan yang baik, sehingga mampu bekerja secara mandiri dan menyelesaikan masalah atau tugas yang rumit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Pemrograman; Lulusan SMK; Lulusan non SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:32
Last Modified: 31 Jul 2017 07:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item