Lailatul, Marfuah (2018) Implementasi Direct Instruction Model Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Energi Bunyi Di Kelas V Mi Muhammadiyah Penatar Sewu Tanggulangin Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Implementasi_Direct_Instruction-Laila.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
Abstract
Abstrak Rendahya hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA tentang Energi Bunyi merupakan sebuah persoalan yang perlu dilakukan perlakuan dengan cara menerapkan salah satu pendekatan pembelajaran kontekstual. Direct Intruction merupakan model penerapan yang sangat efektif untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang Energi bunyi. Hal ini dibuktikan melalui hasil obesrvasi pada siklus I dan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar memahami konsep bunyi. Peningkatan itu dapat terlihat pada setiap siklus kesiklus. Siklus satu tingkat penguasaan siswa cukup, siklus dua tingkat penguasaan siswa baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58,72 dan hanya terdapat 12 siswa yang tuntas atau 25% dari 48 jumlah siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata perolehan siswa 78,87 dan terdapat 44 siswa yang tuntas atau 91,6% dari 48 siswa. Meskipun masih terdapat 4 siswa yang belum tuntas tapi dari hasil presentasi ketuntasan klasikal penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: Direct Instruction, Kontekstual Learning, Energi Bunyi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 07:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 07:17 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4080 |
Actions (login required)
View Item |