wahib, chasbullah (2018) Implementasi Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Pelajaran IPA di MI Nurur Rohmah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
ARTIKEL IPA WAHIB CHASBULLAH.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Dunia pendidikan akan terus berkembang dan tidak menutup kemungkinan untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan guna mensejahterakan kehidupan manusia. Paradigma pendidikan yang sudah ada telah mengalami pergeseran dari paradigma behaviorisme menuju paradigma konstruktivisme. Paradigma behaviorisme menitik beratkan perubahan tingkah laku peserta didik setelah terjadi proses belajar dalam dirinya sedangkan paradigma konstruktivisme mendorong peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya secara aktif. Perbedaan dalam penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme dan behaviorisme adalah dalam pembelajaran konstruktivisme guru lebih banyak bertanya dan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyatakan apa yang diketahuinya dan apa yang tidak diketahuinya daripada strategi pembelajaran behaviorisme. Penelitian yang penulis lakukan di MI Nurur Rohmah Sidoarjo untuk memberikan gambaran umum tentang efektifitas penerapan teori pembelajaran konstruktivisme yang berpengaruh lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi dibandingkan teori pembelajaran behaviorisme di MI Nurur Rohmah Sidoarjo. Kata kunci : Behaviorisme, Konstruktivisme
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 03:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 03:04 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4055 |
Actions (login required)
View Item |