Jannah, Azaliyatul (2018) Pengaruh Pembelajaran TTW Untuk Menulis Deskriptif Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
fix jurnal.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (366kB) |
Abstract
Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan Sekolah Dasar adalah rendahnya keterampilan menulis. Masalah tersebut sering dijumpai pada siswa sekolah dasar kelas tinggi, tampak bahwa peserta didik pada kelas tinggi kurang dalam keterampilan menulis deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam mengutarakan pikiran, pemakaian kata-kata, dan penyusunan struktur kalimat; lemahnya minat siswa terhadap kegiatan menulis; dan rendahnya penguasaan berbahasa siswa. Masalah tersebut menyebabkan siswa kurang memiliki keterampilan menulis deskriptif yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk and Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis deskriptif pada siswa sekolah dasar pada kelas tinggi”. Kata kunci: pembelajaran TTW, menulis deskriptif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 07:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 07:25 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4036 |
Actions (login required)
View Item |