Pengaruh Pembelajaran TTW Untuk Menulis Deskriptif Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Jannah, Azaliyatul (2018) Pengaruh Pembelajaran TTW Untuk Menulis Deskriptif Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
fix jurnal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan Sekolah Dasar adalah rendahnya keterampilan menulis. Masalah tersebut sering dijumpai pada siswa sekolah dasar kelas tinggi, tampak bahwa peserta didik pada kelas tinggi kurang dalam keterampilan menulis deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam mengutarakan pikiran, pemakaian kata-kata, dan penyusunan struktur kalimat; lemahnya minat siswa terhadap kegiatan menulis; dan rendahnya penguasaan berbahasa siswa. Masalah tersebut menyebabkan siswa kurang memiliki keterampilan menulis deskriptif yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk and Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis deskriptif pada siswa sekolah dasar pada kelas tinggi”. Kata kunci: pembelajaran TTW, menulis deskriptif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:25
Last Modified: 26 Jul 2018 07:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item