Rencana Pembelajaran Materi Rangkaian Listrik Sederhana pada Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Hasanah, Maulidati and Rosidah, Amilatul and Sholihah, Siti Khoirinatus (2018) Rencana Pembelajaran Materi Rangkaian Listrik Sederhana pada Rangkaian Listrik Seri dan Paralel. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Rangkaian Listrik Sederhana.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB)

Abstract

(Chris & Ganeri, 2003) listrik adalah salah satu bentuk energi. Atau disebut juga sebagai energi listrik. (Heri Sulistyanto, 2008). Sumber listrik yang dihubungkan dengan alat-alat listrik dengan fungsinya dan saling berhubungan disebut dengan rangkaian listrik. Alat listrik yang berfungsi sebagai alat penghubung dan pemutus aliran arus listrik biasanya disebut dengan saklar. Rangkaian listrik dapat dibedakan menjdi dua, yakni rangkaian listrik terbuka dan tertutup, rangkaian listrik terbuka biasanya menggunakan rangkaian listrik seri sedangkan rangakaina listrik paralel rangkaian yang menggunakan rangkaian listrik tertutup. Adapun alat-alat rangkaian listrik seri dan paralel antaa lain, seperti stop kontak, saklar, tombol, bola lampu, dll. (Heri Sulistyanto, 2008). Rangkaian alat listrik yang tersusun secara berjajar disbut dengan rangkaian listrik seri. Rangakaian listrik seri mmilikii ciri-ciri anatara laian, arus listrik mengalir tidak melewati cabang, dan apabila salah satu dari rangkaian arus listrik seri di lepas maka arus listrik yang lain akan terputus. Menurut (Heri Sulistyanto, 2008). Rangkaian alat-alat listrik yang memiliki satu atau beberapa cabang tersusun. Pada rangkaian listrik paralel pada rangkaian ini di setiap komponen-komponennya terhubung pada dua titik yang arusnya sama sehingga tegangan yang dihailkan pada tiap hambatan memiliki besar yang sama, jumlah arus yang mengalir pada cabang sama besarnya dengan arus pada rangkaian,namun pada tiap cabangnya memiliki tegangan yang berbeda.semakin tinggi tegangan yang ditambahkan pada jumlah cabang rangkaian paralel akan semakin kecil hambatannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 27 Jul 2018 00:59
Last Modified: 27 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item View Item