Paradigma Pembelajaran

Tazayyuni, Ikhwalus (2018) Paradigma Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
ikhwalus TP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)

Abstract

Banyak persoalan yang di hadapai oleh pembelajaran sejarah saat ini. Persoalan tersebut disebabkan karena lemahnya menggunakan teori, miskinnya imajinasi, serta beracuan pada buku teks dan kurikulum yang ada. Dan cenderung pula untuk tidak memperhatikan fenomena globalisasi pasa saat ini. Lemahnya dalam penggunaan teori ini memang benar, karena sejarah memeang tidak memiliki teori, melainkan meminta bantuan teori teori dari kedisiplinan sosial. Seperti teori – teori pada zaman modern saat ini contohnya teori psikologi, antropologi, sosiologi, politik, dsb. Miskinnya imajinasi di jaman sejarah bukan karena tidak ada orang yang mempunyai imajinasi, melainkan menusia itu sendiri kurang mengerti bagaimana mereka menunjukkan imajina tersebut. Melalui teori – teori yang di sebutkan diatas kajian sejarah akan lebih banyak bermakna. Para guru harus bisa menguasai kajian sejarah itu, para guru yang belom berhasil dalam mendidik dirasa kurang pemaduan antara disiplin – disiplin sosial pada kajian sejarah tersebut. Dan para guru di rasa kurang menggunakan pendekatan interdisipliner dalam kajian sejarah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 27 Jul 2018 06:12
Last Modified: 27 Jul 2018 06:12
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item