PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Amir, Mohammad Faizal (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”, 24 Oktober 2015, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
5 Pak Faizal.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dan tingkat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest desains, subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar kelas IV SDN Penatarsewu, teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan analisis data menggunakan uji t dan rumus eta squared. Hasil pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh thitung > ttabel yakni 15,961 > 1,753. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Sementara itu hasil rumus eta-squared diperoleh 0,944. Hal ini menunjukkan pembelajaran kontekstual memiliki tingkat pengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: Fika Megawati
Date Deposited: 17 May 2017 02:22
Last Modified: 17 May 2017 02:22
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item