PENINGKATAN GURU DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL MIND MAP BERBANTUAN MEDIA POWER POINT KELAS IV SDN JATI ALUN – ALUN

AS ARI, MOCHAMAD ALWI (2018) PENINGKATAN GURU DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL MIND MAP BERBANTUAN MEDIA POWER POINT KELAS IV SDN JATI ALUN – ALUN. PTK 2018 PGSD B2 FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
(M Alwi as ari ) Nim ; 158620600105 , B2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (427kB)

Abstract

Tujuan diadakan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas ketrampilan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran ipa dengan model mind map berbantuan media power point di sdn jati alun – alun pada siswa kelas IV. Di sini peneliti menggunakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 3 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif .dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ketrampilan guru siklus I memperoleh skor 25 (baik), siklus II meningkat menjadi 31 (sangat baik), dan siklus III menjadi 34 (sangat baik). Sedangkan untuk (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai rata – rata skor 19,85 (baik), siklus II meningkat menjadi 25,29 (sangat baik), dan siklus III menjadi 30,76. Kesimpulan model mind map berbantuan media power point dapat meningkatkan ketrampilan guru dan aktivitas siswa dengan model mind map berbantuan media power point pada siswa kelas IV sdn jati alun – alun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MIND MAP Model; Power point media ; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 12:22
Last Modified: 09 May 2018 12:43
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item