Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan IPS Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Sikap Berpikir Ilmiah Pada Mahasiswa Jurusan PGSD

Rocmah, Luluk Iffatur (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan IPS Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Sikap Berpikir Ilmiah Pada Mahasiswa Jurusan PGSD. Pendidikan Dasar, 3 (1). 001-124. ISSN 2301-9158

[img]
Preview
Text
JURNAL DIKDAS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pendidikan begitu komplek, salah satunya permasalahan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Melalui pendidikan diharapkan mampu mempersiapkan generasi muda yang ungggul di masa yang akan datang. Permasalahan pembelajaran IPS dikarenakan guru kurang menguasai model pembelajaran inovatif dan masyarakat menganggap IPS merupakan mata pelajaran ke dua setelah IPA dan matematika. Peran perguruan tinggi sebagai pencetak guru, diharapkan memberikan transfer of knowlege dengan baik kepada mahasiswa, sehingga mampu mencetak guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan IPS berbasis inkuiri, (2) mengetahui hasil implementasi pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan IPS berbasis inkuiri, (3) mengetahui apakah perangkat yang dikembangkan mampu menumbuhkan sikap berpikir ilmiah mahasiswa jurusan PGSD. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul, silabus, satuan acara perkuliahan (SAP), dan lembar kerja mahasiswa. Batasan penelitian ini adalah perangkat yang dikembangkan yaitu mata kuliah pendidikan IPS pada pokok bahasan sejarah, Penelitian ini dilaksanakan di jurusan PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pendidikan IPS. Target khusus dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran IPS berbasis inkuri yang mampu menumbuhkan sikap berpikir ilmiah mahasiswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan mixed methods yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada desain pengembangan perangkat Dick & Carey, subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dua tahap, tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran IPS berbasis inkuiri dan tahap ke dua adalah uji coba perangkat yang sudah di kembangkan, uji coba perangkat pembelajaran menggunakan design one shot case study, uji coba perangkat dilakukan dua kali yaitu uji coba I dan Uji coba II. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, pemberian angket dengan menggunakan skala sikap, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas perangkat pembelajaran pendidikan IPS berbasi inkuiri ditinjau dari isi, format, kesesuaian dengan pembelajaran inkuiri, dan bahasa dinyatakan valid oleh validator, (2) Implementasi perangkat pembelajaran Pendidikan IPS berbasis inkuiri yang dikembangkan di tinjau Satuan Acara Perkuliahan (SAP) selama kegiatan pembelajaran mencapai keterlaksanaan sangat baik, Respon mahasiswa sangat baik, dan hambatan pada waktu uji coba adalah kurangya referensi bacaan sejarah, dan mahasiswa ramai dan gaduh saat proses pembelajaran.Namun, hambatan yang ditemukan pada saat implementasi pembelajaran pendidikan IPS berbasi inkuiridapat diatasi oleh dosen sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, (3) Perangkat pembelajaran pendidikan IPS berbasi inkuiri mampu menumbuhkan sikap berpikir ilmiah mahasiswa dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: paud paud umsida
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:41
Last Modified: 16 Jun 2017 07:41
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item