mukaromah, ofi MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS KELAS IV MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Universita Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
223-Mustofiyatul.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V melalui penerapan Realistic Mathematics Education (RME). Karakteristik dari pembelajaran matematika realistik ialah pembelajaran yang mengacu pada aktivitas konstruksi, interaksi dan refleksi melalui pemberian masalah kontekstual kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gelam 1 yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan di antaranya: lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, soal tes kemampuan berpikir kritis, lembar wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa rata-rata mencapai kriteria kritis. Selain itu, kegiatan guru dan siswa terlaksana dengan sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | realistic mathematics education; kemampuan berpikir kritis; siswa SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:06 |
Last Modified: | 04 May 2018 07:49 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3029 |
Actions (login required)
View Item |