MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KARTU ARISAN MATA PELAJARAN IPS KELAS 3 SDN WADUNGASIH 2

Fatmawati, Arum MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KARTU ARISAN MATA PELAJARAN IPS KELAS 3 SDN WADUNGASIH 2. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
141 Arum Fatmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III SDN Wadungasih 2 Buduran dengan menggunakan model pembelajaran kartu arisan. Instrument Penelitian menggunakan data dari lembar angket motivasi belajar siswa serta lembar observasi. Lembar angket dan lembar observasi diisi setiap kali selesai melakukan siklus. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini ada presentasi motivasi belajar siswa mencapai >75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kartu arisan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi tentang mengenal sejarah uang dan penggunaan uang sesuai kebutuhan kelas III SD Negeri Wadungasih 2 Buduran, Sidoarjo. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari adanya kenaikan presentase dari siklus 1 ke siklus II

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: IPS, Kartu Arisan, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:49
Last Modified: 04 May 2018 04:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item