Puspitasari, Rinda Eka PENERAPAN PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA KELAS V PADA MATERI PECAHAN. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
RINDA EKA PUSPITASARI (158620600074).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
Abstract
Permasalahan pada pelajaran matematika adalah rendahnya penalaran siswa terhadap pelajaran matematika sehingga akibatnya hasil belajar siswa rendah. Permasalahan pada siswa kelas V SDN Gamping 02 adalah (1) minat belajar siswa rendah; (2) siswa tidak memahami konsep dengan baik; (3) siswa tidak memahami soal dengan baik; (4) siswa tidak bisa menyelesaikan jawaban dengan tepat; (5) ketelitian siswa rendah; (6) hasil belajar siswa rendah; (7) penalaran siswa rendah. Pangkal permasalahan tersebut adalah rendahnya penalaran siswa yang menimbulkan masalah-masalah lain tersebut. Sehingga solusi yang diberikan adalah dengan menerapkan pembelajaran LAPS-heuristik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran LAPS-Heuristik yang dapat meningkatkan penalaran siswa kelas V pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus 1 pertemuan. Pada siklus I menununjukkan bahwa hasil tes untuk mengetahui tingkat penalaran siswa, pemahaman konsep, pemahaman soal, penyelesaian jawaban, ketelitian, dan hasil belajar siswa sebesar 60% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Sedangkan hasil observasi untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 53% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Dan pada siklus II menununjukkan bahwa hasil tes untuk mengetahui tingkat penalaran siswa, pemahaman konsep, pemahaman soal, penyelesaian jawaban, ketelitian, dan hasil belajar siswa sebesar 95,6% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Sedangkan hasil observasi untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 74% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran LAPS-Heuristik dapat meningkatkan penalaran siswa kelas V SDN Gamping 02 pada materi pecahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran LAPS-Heuristik, penalaran, pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 09:00 |
Last Modified: | 03 May 2018 09:11 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2953 |
Actions (login required)
View Item |