Rahmawati, Novika Nur PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA SD. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Novika Nur Rahmawati (148620600136).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (122kB) |
Abstract
Penelitian ini di rancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Round Table pada siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mac Taggart yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Didalamnya terdapat langkah – langkah merencanakan, observasi, penelitian tindakan dan reflesi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik yang di gunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil ketuntasan siswa pada setiap siklus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 yaitu: dari 36 siswa, pada pra tindakan siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM sebesar 20,08%. Mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 72,08% dan telah melampaui indikator keberhasilan dengan hasil 82,24% pada siklus ke 2. Ini artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dalam meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa siswa dinyatakan berhasil.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Round Table, keterampilan menulis aksara Jawa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 08:25 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:44 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2935 |
Actions (login required)
View Item |