PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD TOGETHER )TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI GANTING GEDANGAN SIDOARJO

susanti, risna agus (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD TOGETHER )TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI GANTING GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 128620600044.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di SD Negeri Ganting Gedangan Sidoarjo. Melalui observasi yang sudah dilakukan di SD Negeri Ganting Gedangan Sidoarjo bahwa 65% nilai siswa pada mata pelajaran IPS masih dibawah KKM. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered- Head Together). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Sumber data didapat dari hasil belajar pada materi perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji besar pengaruh. Hasil dari perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung 15,625 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% = 2,042. Dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 15,625 > 2,042. Sedangkan hasil dari uji signifikan eta squared diperoleh hasil 0,88. Dengan demikian 0,90 > 0,14. Artinya ada pengaruh besar antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered- Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS pada materi perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di SD Negeri Ganting Gedangan Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model NHT; Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:28
Last Modified: 20 Apr 2018 02:28
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item