robi'ah, lailatur (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi lengkap - 138620600227.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Permasalahan tersebut disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran peta konsep (Mind Mapping) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis experiment dengan desain one group pretest-posttest designe. Tempat penelitiannya di SDN Grabagan Tulangan. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil dari Uji N-gain di peroleh nilai sebesar 0,6 sedangkan = dengan signifikan 5% = 0,396 dengan demikian > yaitu 0,914 > 0,396. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam menggunakan pengaruh strategi pembelajaran peta konsep (Mind Mapping) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran peta konsep (Mind Mapping); hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 21 Apr 2018 03:39 |
Last Modified: | 21 Apr 2018 03:39 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2883 |
Actions (login required)
View Item |