Penggunaan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas 3 SD Islam Terpadu Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo

kusyanto, kusyanto (2017) Penggunaan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas 3 SD Islam Terpadu Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap 122071200056.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran selama ini masih menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar siswa kelas 3 kurang maksimal, hal ini sering kali membuat siswa bosan dan cenderung malas belajar. Untuk mengembangkan kemampuan dan kesanggupan siswa secara maksimal, maka penggunaan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) mata pelajaran IPS Kelas 3 SD Islam Terpadu Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas III SD Islam Terpadu Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang mengumpulkan datanya melalui kegiatan di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (Quantitative Research) yakni suatu metode penelitian yang bersifat induktif, objektif, Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang didesain dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Langkah dan instrumen analisis kuantitatif. Dalam teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik dengan operasionalisasi rumus-rumus statistik yang disesuaikan dengan jenis penelitian serta sifat masalah yang diangkat dalam penelitian. Dengan melihat perolehan hasil nilai UTS I, UAS I, dan UTS II masing-masing peserta didik, hasil penelitian dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan “diterima”, yaitu “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dalam pembelajaran IPS dengan perubahan hasil belajar siswa di kelas III SD Islam Terpadu Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; vak; hasil; belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:40
Last Modified: 04 Apr 2018 02:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item