Sunaryo, Ali (2018) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Hasanudin Gedangan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi lengkap - 132071900064.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Para pengajar dan pembelajar bahasa Arab dihadapkan pada problematika baik yang bersumber dari bahasa Arab itu sendiri maupun yang bersumber dari luar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi. Penelitian kualitatif menunjukkan penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, juga tentang fungsionalisasi organisasi, pergerakan-pergerakan sosial, atau hubungan kekerabatan. Populasi / subjek adalah semua elemen yang berada di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin, sedangkan yang dijadikan sampel adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, siswa di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Untuk mendapatkan data yang terjamin kebenarannya peneliti menggunakaan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif teknik analisa yang digunakan adalah teknik induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Berdasarkan hipotesis yang dirumuskan berdasarkan data tersebut, selanjutnya dicarikan data lagi secara berulang-ulang sehingga selanjutnya dapat disimpulkan apakah hipotesis tersebut diterima atau ditolak berdasarkan data yang terkumpul.Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat beragam problem dalam pembelajaran bahasa arab. Problem tersebut meliputi problem linguistik yang terdiri dari tata bunyi dan kosa kata. Solusi yang diterapkan dalam mengatasi problem linguistik berupa contoh pelafadzan yang benar, tutorial sebaya dan tugas penghafalan mufrodath.problem yang kedua adalah problem metodologis yang terdiri dari kurikulum , media pembelajaran dan metode hal ini diatasi dengan pembentukan ekstra kurikuler bahasa arab, pembuatan media pembelajaran yang kreatif dan problem yang ketiga adalah problem sosiologis yang meliputi interaksi sosial dan lingkungan. Hal ini diatasi dengan membangun komunikasi yang baik antara siswa, sekolah dan keluarga. Peningkatan kualitas guru bahasa arab, latihan dan pemilihan metode yang tepat dapat menunjang bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Hasanudin Gedangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 04:38 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 04:38 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2531 |
Actions (login required)
View Item |