Pengembangan Buku Ajar Lift the Flap (Buku Berjendela) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pelajaran IPA Materi Bagian-Bagian pada Tumbuhan di MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo

Rochmania, Rizki Yuriandani (2018) Pengembangan Buku Ajar Lift the Flap (Buku Berjendela) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pelajaran IPA Materi Bagian-Bagian pada Tumbuhan di MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 142071200009.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Suatu pengetahuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik pada dasarnya berupa sebuah konsep. Konsep-konsep tersebut diperoleh seseorang sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo yang tidak memenuhi standar KKM pada mata pelajaran IPA yang sudah ditentukan yaitu 80 khususnya materi bagian-bagian pada tumbuhan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini meliputi: 1) Mendesain dan menjelaskan kelayakan buku ajar IPA model lift the flap materi bagian-bagian pada tumbuhan di kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. 2) Menjelaskan seberapa besar peningkatan hasil belajar dalam dikembangkan dan diterapkannya buku ajar IPA model lift the flap materi bagian-bagian pada tumbuhan di kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Produk yang dihasilkan adalah buku ajar IPA model lift the flap materi bagian-bagian pada tumbuhan untuk kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model pengembangan Walter Disck and Lou Carey dengan 9 tahapan desain pembelajaran. Hasil dari pengembangan buku ajar memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli konten mencapai 100%, hasil validasi ahli desain mencapai 100%, hasil validasi ahli bahasa mencapai 100%, hasil uji coba perseorangan mencapai 90.90%, hasil uji coba kelompok kecil 98.18%, dan hasil uji coba kelompok besar mencapai 9.30%. hasil analisis uji t menggunakan SPSS 16 dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan nilai p-value statistic uji t adalah 0.00 yang berarti (< 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa tolak Ho dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan efektifitas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar IPA; Buku Lift the Flap; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:58
Last Modified: 31 Mar 2018 03:58
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item