Suryani, Lilis (2018) ANALISIS KESALAHAN INSYA' (NA'AT MAN'UT, IDHOFAH, DAN MUBTADA' KHOBAR) SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP LILIS SURYANI - 132071900026.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Menulis kalimat bahasa arab sebelumnya telah diajarkan di kelas X, tetapi masih banyak siswa yang melakukan kesalahan bahasa dalam menulis insya’ terutama pada Na’at Man’ut, Idhofah, dan Mubtada’ Khobar karena ketiganya merupakan dasar kemahiran menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesalahan bahasa dan faktor penyebabnya, serta untuk memberi solusi kepada guru tentang metode pembelajaran insya’ yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif yang pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis tugas-tugas siswa tentang menulis insya’. Hasil dari penelitian ini adalah 1) terdapat banyak kesalahan penulisan insya’ yaitu pada Na’at Man’ut, Idhofah, dan Mubtada’ Khobar dari 41 sampel ada 143 kesalahan.Dari kesalahan tiga dasar tersebut yang mendominasi adalah Na’at Man’ut dan Mubtada’ Khobar.Detail kesalahannya adalah Na’at Man’ut 30%, Idhofah 20%, dan Mubtada’ Khobar 50%. Kesalahan pada komponen lain seperti imla’, isim maushul, dan lainnya jarang ditemukan. 2) Faktor pendorong sebab kesalahan adalah kurangnya antusias siswa, minat belajar siswa, serta metode pembelajaran guru yang kurang sesuai. 3) Strategi dan metode pembelajaran sebaiknya mengimplementasikan metode ceramah plus karena mengikutsertakan keaktifan siswa agar lebih memahami penulisan insya’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Bahasa; Insya' |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PJ Semitic |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 31 Mar 2018 04:03 |
Last Modified: | 31 Mar 2018 04:03 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2240 |
Actions (login required)
View Item |