Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare

Nurdyansyah, Nurdyansyah (2015) Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14 (1). pp. 13-22. ISSN 1412-9302

[img]
Preview
Text
Jurnal Halaqa Nurdyansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan model social reconstruction Sebagai Pendidikan anti-korupsi pada pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah muhammadiyah di kandat. Karena saat ini pendidikan lebih banyak bertumpu pada pengembangan kognitif saja tanpa memperhatikan penanaman moral dan sikap bagi peserta didik. Sehingga penelitian ini akan menjadi acuan ilmiah dalam pengembangan pendidikan anti-korupsi di lingkungan kemenag dan akan memberikan konstribusi dalam penyadaran kepada para peserta didik tentang bahaya dan perlawanan terhadap korupsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di MI Muhammadiyah 1 Pare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III. Instrumen penelitian ini menggunakan questioner, observasi, wawancara dan dokumentasi, Temuan substantif dari kajian ini adalah 1) Model social reconstruction sangat cocok diterapkan sebagai pendidikan anti-korupsi dengan hasil ketercapaian pembelajaran sebesar 93,4%, 2) peserta didik sangat antusias dan mulai banyak memahami bahaya korupsi dan perlawanan terhadap korupsi, dan 3) penerapan model pembelajaran social reconstruction dapat mempermudah peserta didik dalam memahami dan memberikan kepekaan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: N Nurdyansyah
Date Deposited: 22 Jan 2018 06:40
Last Modified: 22 Jan 2018 06:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item