Azaliyatul, Jannah (2018) Konsep Dasar Belajar Aktif dan Contoh Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
belajar aktif dan model pem. aza.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (345kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi yang ditandai adanya keseimbangan antara peserta didik dengan tenaga pendidik. Peristiwa pembelajaran terjadi apabila peserta didik secara aktif berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur oleh guru. Tugas utama guru adalah membelajarkan peserta didik, yaitu mengkondisikan peserta. didik agar belajar aktif, sehingga potensi dirinya (kognitif, afektif, dan psikomotor) dapat berkembang dengan maksimal. Sedangkan, konsep belajar aktif didefinisikan sebagai suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh panca indra, dimana berpusat pada keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Agar pelaksanaan proses pembelajaran efektif pendidik perlu melakukan inovasi, untuk itu pendidik dituntut untuk mengetahui beberapa model pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran lebih bervariasi dan tidak monoton. Model pembelajaran harus melibatkan peserta didik secara aktif selama proses pembelajaran, dimana harus dipilih sesuai dengan karakteristik peserta didik itu sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 02:19 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 02:19 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1533 |
Actions (login required)
View Item |