Nur, Intan Rizqi (2018) Implementasi Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 2 Tulangan Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
JURNAL INTAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter yang ada di SD Muhammadiyah 2 Tulangan. Pendidikan karakter akhir-akhir ini menjadi perbincangan publik terkait dengan penerapannya dan mulai hilangnya nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kesantunan, kebersamaan, dan religius yang perlahan tergerus oleh budaya asing. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah dasar dan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berlokasi di SD Muhammadiyah 2 Tulangan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan kunci, yaitu: kepala sekolah, para waka, wali kelas, dan siswa. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik induktif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Temuan dalam penelitan ini adalah pembentukan karakter siswa dapat dilakukan melalui strategi internal dan strategi eksternal. Strategi internal dapat dilakukan melalui empat kegiatan yaitu kegiatan proses belajar mengajar, kegiatan keseharian dalam bentuk budaya sekolah, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan intrakurikuler serta ekstrakurikuler. Sedangkan strategi eksternal dapat dilakukan melalui lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Jika keseluruhan strategi tersebut dapat terlaksana dengan baik maka karakter siswa akan terbentuk dengan kokoh. Kata Kunci: Implementasi, pendidikan karakter
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 02:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2018 02:32 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
View Item |