UNPLAG PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR DI MASA PANDEMI

Metatia Intan Mauliana, Metatia and Noly Sofiyah, Noly and Yunianita, Rahmawati (2021) UNPLAG PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR DI MASA PANDEMI. PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR DI MASA PANDEMI, 1 (1). pp. 236-245.

[img] Text
UNPLAG PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR DI MASA PANDEMI (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak luas pada semua sektor, termasuk dalam sektor pendidikan. Hampir seluruh pembelajaran mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi (universitas) yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran daring terutama pada mata kuliah eksak. Sebagai contoh pada pembelajaran Fisika Dasar yang memiliki aspek praktikum, terdapat beberapa permasalahan selama pandemi yakni, 1) keterbatasan pelaksanaan praktikum Fisika Dasar secara tatap muka dimasa pandemi, 2) keterbatasan dan ketidaksesuaian modul konvensional yang dipakai dalam pelaksanaan praktikum pada pendidikan jarak jauh, dan 3) pemanfaatan Content Management System (CMS) dalam e-lerning yang belum maksimal menjadi kendala yang memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengembangkan e-Modul Praktikum mengunakan metode penelitian Research & Development dengan model pengembangan Rowntree yang dikolaborasikan dengan model evaluasi Tessmer. Hasil yang diperoleh pada penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi positif mahasiswa dalam melakukan praktikum mandiri dengan bantuan e-modul. Pengembangan E-modul yang dihasilkan dapat dikatakan telah memenuhi kriteria praktis, ditunjukkan dari rekapitulasi hasil persentase penilaian lembar kuisioner pada tahap one-to-one sebesar 84,66 % dan dan tahap small group sebesar 78,22%. Kelayakan e-modul yang telah dibuat juga cukup baik dilihat dari hasil validasi oleh validator pada aspek materi, media, desain dan aksesbilitas rata-rata berada pada >80%

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: Nuril Teknik
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:44
Last Modified: 10 Oct 2023 09:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item