istikomah, istikomah and Dzulfikar, Akbar Romadlon (2023) Sistem Penjaminan Mutu Pesantren. CV kreator Cerdas Indonesia, kediri. ISBN 978-623-5376-21-9
Text
Buku SPM full (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam struktur pendidikan nasional, pesantren merupakan sub sistem lembaga pendidikan yang memiliki peran sangat penting. Hal ini tidak hanya karena pesantren sebagai lembaga pendidikan yang pertama muncul, akan tetapi karena pesantren secara signifikan ikut andil dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebab jika ditinjau dari segi fungsi, pondok pesantren pada dasarnya memiliki fungsi meningkatkan kecerdasan bangsa, baik cerdas secara intelektual, emosional maupun spiritual. Namun fungsi kontrol moral dan pengetahuan agamalah yang selama ini melekat dengan sistem pendidikan pondok pesantren. Fungsi ini juga telah mengantarkan pondok pesantren menjadi institusi penting yang dilirik oleh semua kalangan masyarakat dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan derasnya arus informasi di era globalisasi. Apalagi, kemajuan pengetahuan pada masyarakat modern berdampak besar terhadap pergeseran nilai-nilai agama, budaya dan moral. Di masa pandemi Covid 19 eksistensi pesantren semakin kokoh, sebab sistem pembelajaran masih tetap bisa berjalan walaupun harus dengan protokol kesehatan yang ketat dengan tatap muka. Sementara sekolah dan madrasah proses belajar mengajar tatap muka dihentikan sejak tagl 2 Maret 2020. Sejalan dengan perkembangan zaman, pesantren kini mengalami perubahan. Sebagianpesantren tetap mempertahankan pola dan gaya pendidikan pesantren salaf, yakni pesantren yang masih menganut sistem lama dan menekankan pada pengajaran kitab kuning, namun tipologi ini semakin hari jumlahnya semakin kecil. Tipe pesantren yang kini terus berkembang adalah pesantren kholaf yakni pesantren modern yang sudah kooperatif terhadap perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tipologi pesantren kholaf ini yang kini terus berkembang dengan formulasi yang terintegratif dengan memadukan antara madrasah dan sekolahserta mengintegrasikan ilmu pengetahuan agama dan umum serta tekniologi informasi. Pesantren saat ini dituntut untuk berkembang ke arah modernisasi. Azyumardi Azra menyebutkan ada empat bentuk repons pesantren terhadap modernisasi pendidikan Islam, Pertama, pembaharuan substansi atau isi pendidikan dengan memasukkan subjek-subjek umum dan vocational. Kedua, pembaharuan dari aspek metodologi, seperti sistem klasikal dan penjenjangan, semula hanya sistem sorogan dan wetonan. Ketiga pembaharuan kelembagaan, seperti perubahan kepemimpinan pesantren dengan pembagian fungsi manajerial secara jelas dan professional. Keempat, pembaharuan fungsi, pesantren kini bukan hanya sebagai lembaga dakwah semata, namun juga mencakup fungsi sosial ekonomi. Tuntutan pesantren di era globalisasi adalah pesantren yang bisa memodifikasi antara kebutuhan masyarakat dengan tujuan pesantren sebagai lembaga dakwah, pembinaan dan pemberdayaan umat. Untuk mewujudkan hal ini, pesantren harus merubah paradigma dan melakukan pembaharuan terhadap kekurangan-kekurangannya, berinteraksi dengan tren kehidupan masyarakat. Pada umumnya, pesantren memiliki dua peran, yaitu peran internal dan eksternal. Peran internal pesantren berhubungan dengan kegiatan pembelajaran santri dan peran eksternal membekali santri dengan berbagai kecakapan agar santri siap bersaing dengan dunia global, namun tetap berpijak pada nilai-nilai Islam. Dengan demikian pengelolaan pesantren harus juga berdasar pada prinsip TQM (Total Qulaiti Manajemen) dengan mengedepankan mutu. Dengan demikian keberadaan Sistem Penjaminan Mutu pada Pesantren merupakan suatu keharusan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 06:18 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:23 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/11481 |
Actions (login required)
View Item |