Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Febriyanti, Siti Aulia and Wulandari, Fitria (2021) Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA. ISSN 2716-0580

[img] Text
Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif melalui model mind mapping dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 8 Tulangan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran mind mapping dan tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian yang diperoleh yaitu analisis korelasi serhana (r) sebesar 0,645 dan uji signifikan koefisien korelasi sederhana (Uji t) yaitu thitung > ttabel (4,303 > 2,056) dan signifikansi (0,001 ˂ 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif melalui model mind mapping dengan hasil belajar siswa sekolah dasar, karena hasil analisis korelasi sederhana (r) positif berarti semakin tinggi kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran mind mapping maka semakin meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dapat dipercaya dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% atau taraf signifikansi 0,05. Kata kunci : Berpikir Kreatif; Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 26 Jul 2022 10:10
Last Modified: 27 Jul 2022 04:15
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item