perpus@umsida.ac.id +62-31-8945444

Paryontri, Ramon Ananda and Affandi, Ghozali Rusyid and Suprapti, Sulis (2022) Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psikodimensia, 20 (2). pp. 196-206. ISSN 1411-6073

[img] Text
Riset publish Jurnal Psikodimensia.pdf

Download (304kB)
Official URL: http://journal.unika.ac.id/index.php/3708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara school well-being dengan flow akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP X sebanyak 176 siswa dan total sampel berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5% yaitu sebanyak 114 siswa dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan 2 skala psikologis yaitu skala school well-being dan skala flow akademik. Analisis data penelitian menggunakan korelasi product moment dan regresi. Hasil analisis menunjukkan, bahwa school well-being mempunyai hubungan positif dengan flow akademik (r = 0.773, p = 0.000 < 0.001). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa loving (relasi dengan orang lain) memiliki hubungan yang paling tinggi dengan flow akademik jika dibandingkan dengan aspek school well-being yang lainnya. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa school well-being memiliki pengaruh yang signifikan terhadap flow akademik siswa SMP (F= 166.349, p = 0.000 < 0.001) sebesar 59,8% dengan koefisien regresi sebesar β = 0.401.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: School Well-Being, Academic Flow, Students of Junior High School
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Mr ramon ananda
Date Deposited: 31 Mar 2022 22:31
Last Modified: 31 Mar 2022 22:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9465

Actions (login required)

View Item View Item