Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama

Paryontri, Ramon Ananda and Affandi, Ghozali Rusyid and Suprapti, Sulis (2022) Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psikodimensia, 20 (2). pp. 196-206. ISSN 1411-6073

[img] Text
Riset publish Jurnal Psikodimensia.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara school well-being dengan flow akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP X sebanyak 176 siswa dan total sampel berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5% yaitu sebanyak 114 siswa dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan 2 skala psikologis yaitu skala school well-being dan skala flow akademik. Analisis data penelitian menggunakan korelasi product moment dan regresi. Hasil analisis menunjukkan, bahwa school well-being mempunyai hubungan positif dengan flow akademik (r = 0.773, p = 0.000 < 0.001). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa loving (relasi dengan orang lain) memiliki hubungan yang paling tinggi dengan flow akademik jika dibandingkan dengan aspek school well-being yang lainnya. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa school well-being memiliki pengaruh yang signifikan terhadap flow akademik siswa SMP (F= 166.349, p = 0.000 < 0.001) sebesar 59,8% dengan koefisien regresi sebesar β = 0.401.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: School Well-Being, Academic Flow, Students of Junior High School
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Mr ramon ananda
Date Deposited: 31 Mar 2022 22:31
Last Modified: 31 Mar 2022 22:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9465

Actions (login required)

View Item View Item