Paryontri, Ramon Ananda and Affandi, Ghozali Rusyid and Suprapti, Sulis (2022) Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psikodimensia, 20 (2). pp. 196-206. ISSN 1411-6073
Text
Riset publish Jurnal Psikodimensia.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara school well-being dengan flow akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP X sebanyak 176 siswa dan total sampel berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5% yaitu sebanyak 114 siswa dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan 2 skala psikologis yaitu skala school well-being dan skala flow akademik. Analisis data penelitian menggunakan korelasi product moment dan regresi. Hasil analisis menunjukkan, bahwa school well-being mempunyai hubungan positif dengan flow akademik (r = 0.773, p = 0.000 < 0.001). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa loving (relasi dengan orang lain) memiliki hubungan yang paling tinggi dengan flow akademik jika dibandingkan dengan aspek school well-being yang lainnya. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa school well-being memiliki pengaruh yang signifikan terhadap flow akademik siswa SMP (F= 166.349, p = 0.000 < 0.001) sebesar 59,8% dengan koefisien regresi sebesar β = 0.401.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | School Well-Being, Academic Flow, Students of Junior High School |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Mr ramon ananda |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 22:31 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 22:31 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9465 |
Actions (login required)
View Item |