Berkas Mlaku Dhewe (BMW) untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo

fitriyani, firdha and arsiyah, arsiyah and Balahmar, Ahmad Riyadh Umar (2017) Berkas Mlaku Dhewe (BMW) untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 5 (2). pp. 201-216. ISSN 2338-445X

[img] Text
1. Artikel-BMW (2017).pdf

Download (588kB)
[img] Text
UNPLAG Berkas Mlaku Dhewe (BMW) untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BMW.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Berkas Mlaku Dhewe (BMW) serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat Berkas Mlaku Dhewe (BMW) di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung yang mempengaruhi efektivitas pelayanan intranet Berkas Mlaku Dhewe (BMW) di Sukodono yang dilihat dari ukuran kriteria-kriteria keefektifan diantaranya: produktif sudah baik karena pelayanan administrasi kependudukan semakin mudah dan cepat dengan sistem online; efisiensi kecepatan pelayanan sudah baik karena pelayanan cukup diproses di desa dan berkas selesai dengan hitungan jam saja; kepuasan sudah bagus karena telah didukung sikap kesopan santunan pegawai; keadaptasian sudah baik ditinjau dari jumlah pegawai mencukupi dan sarana prasarana sesuai standar; pengembangan terlaksana dengan baik keberhasilan tersebut dilihat dari inovasi mewujudkan pelayanan administrasi online sampai desa. Selain itu, dari ukuran kriteria keefektifan juga menimbulkan faktor penghambat pelayanan intranet BMW di Kecamatan Sukodono diantaranya: efisiensi ditinjau dari waktu penyelesaian jenis pelayanan KTP yang terhambat karena keterlambatan blanko dari pusat; keadaptasian dari Sumber Daya Manusia (SDM) kurang semangat belajar teknologi informasi karena faktor lanjut usia; pengembangan ditinjau dari struktur mekanisme kerja dalam sistem jaringan mengalami gangguan koneksi. Kata kunci: efektivitas, pelayanan publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of State Administration
Depositing User: Mr Ahmad Riyadh Umar Balahmar
Date Deposited: 17 Dec 2021 05:54
Last Modified: 21 Mar 2022 14:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9056

Actions (login required)

View Item View Item