KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK Bangkalan

Rachman, Raniawati and Abadi, Totok Wahyu (2017) KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK Bangkalan. ASPIKOM, 3 (2). pp. 285-295. ISSN 2548-8309

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK Bangkalan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK Bangkalan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
komunikasi word of mouth.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh komunikasi word of mouth, kesadaran merek, dan resepsi masyarakat terhadap keputusan pembelian Batik Bangkalan menggunakan teori komunikasi word of mouth, resepsi, dan perilaku konsumen. Lokasi penelitian di Kabupaten Bangkalan dengan menggunakan sampel 100 pengunjung sentra batik sebagai responden. Pengambilan data dilakukan melalui distribusi angket kepada pengunjung sentra batik secara insidental. Analisis data menggunakan regresi linier berganda berbasis program SPSS V21.0. Hasil penelitian menunjukkan keputusan pembelian batik Bangkalan (Y) dipengaruhi secara bersama-sama oleh komunikasi word of mouth (X1), kesadaran merek (X2), dan resepsi masyarakat (X3). Keberpengaruhan ketiga variabel tersebut terhadap keputusan pembelian ditunjukkan oleh koefisien determinan (R²) sebesar 60,7%. Faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian Batik Bangkalan adalah kesadaran merek dan resepsi masyarakat. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah komunikasi word of mouth. Tidak berpengaruhnya komunikasi word of mouth terhadap keputusan pembelian Batik Bangkalan dikarenakan indikator yang digunakan variabel X1 hanya sebatas pada membicarakan, mempromosikan, dan merekomendasikan dan tidak sampai pada tahap mempersuasif, mengajak, dan mendorong masyarakat untuk membeli batik Bangkalan. Kata kunci: komunikasi word of mouth, kesadaran merek, resepsi, dan keputusan pembelian.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: Totok Wahyu Abadi
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:00
Last Modified: 10 Sep 2021 04:00
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8739

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item