STRATEGI KOMUNIKASI BIDAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI IBU-IBU MENYUSUI DALAM PROGRAM ASI EKSKLUSIF DI JABON SIDOARJO

darmawan, dedi and Abadi, Totok Wahyu (2012) STRATEGI KOMUNIKASI BIDAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI IBU-IBU MENYUSUI DALAM PROGRAM ASI EKSKLUSIF DI JABON SIDOARJO. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1). pp. 39-52. ISSN 2302-6790

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI BIDAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI IBU-IBU MENYUSUI DALAM PROGRAM ASI EKSKLUSIF DI JABON SIDOARJO.pdf

Download (977kB)
[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI BIDAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI IBU-IBU MENYUSUI DALAM PROGRAM ASI EKSKLUSIF DI JABON SIDOARJO.pdf

Download (2MB)
[img] Text
strategi komunikasi bidan.pdf

Download (963kB)

Abstract

Program pemerintah tentang ASI Eksklusif dalam beberapa kurun terakhir ini menunjukkan ketidakberhasilan. Di kabupaten Sidoarjo misalnya, tingkat kepesertaan masyarakat dalam ASI Eksklusif masih tergolong rendah yakni sekitar 22,8 persen dari target yang dicanangkan sebesar 80 persen. Hal ini menarik untuk dikaji, karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan bidan untuk meningkatkan partisipasi ibu-ibu menyusui dalam program ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Jabon Sidoarjo. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik snowball sampling dengan in-depth interview kepada key informan dan tigapuluh responden ibu-ibu menyusui di kecamatan Jabon Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang paling dominan digunakan oleh bidan adalah menggunakan komunikasi dua arah (face to face) dengan teknik pendekatan persuasif dan metode redudancy. Hambatan-hambatan bidan terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal adalah keengganan menyusui karena takut bentuk payudara tidak indah lagi, pemahaman masyarakat tentang masalah bayi sehat yang menilai dari sisi fisik yang gemuk, ASI yang keluar adalah sedikit. Sedangkan hambatan eksternal adalah bayi kurang puas kalau hanya dengan ASI, alasan ibu yang bekerja, dan dari pihak keluarga terutama orang tua si-ibu yang beranggapan bahwa susu formula lebih baik. Tingkat partisipasi ibu-ibu menyusui masih dalam level tiga yakni tingkat konsultasi. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Bidan, ASI Eksklusif,

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: Totok Wahyu Abadi
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:59
Last Modified: 10 Sep 2021 03:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8729

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item