IbM HOME INDUSTRI DOMPET KABUPATEN SIDOARJO

Kurniawati, Anita Theresia and Mardiana, Christin and Utami, Gati Sri (2016) IbM HOME INDUSTRI DOMPET KABUPATEN SIDOARJO. In: Seminar Nasional Ekonomi Bisnis 2016, 17 September 2016, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Image
COVER PROSIDING SNEB & CFP FEB UMSIDA 2016.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_EDITORIAL_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AnitaTheresia_528-535 fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB) | Preview

Abstract

Hal yang mendasari Mitra dalam IbM ini mendirikan usaha pembuatan dompet adalah keinginan untuk meningkatkan perekonomian rumah tangganya. Selain itu membantu masyarakat disekitar agar mempunyai pendapatan lebih dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya serta ikut mewujudkan kota Sidoarjo menjadi kota UKM. Permasalahan yang dihadapi oleh Mitra 1 (UD. Tiga Putra Jaya) dan Mitra 2 (Sun Inn’s) adalah keterbatasan peralatan produksi dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pemasaran maupun produksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, pendampingan yang dilakukan dalam tiga aspek yaitu aspek produksi dengan memberikan mesin jahit dengan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan yang telah ada sekarang dan pelatihan & workshop peningkatan kemampuan SDM dalam bidang produksi. Sedangkan pada aspek pemasaran, diadakan pelatihan & workshop marketing online, pembuatan media pemasaran berupa blogs untuk kedua Mitra dengan alamat www.tigaputrajaya.wordpress.com dan www.suninns.wordpress.com., papan nama dan banner yang dipasang didepan toko Mitra 2 dan katalog produk untuk kedua Mitra. Sedangkan dari aspek produk, kedua Mitra didesainkan label. Setelah dilakukan pendampingan maka proses produksi pembuatan dompet menjadi lebih cepat dan hasilnya lebih bagus, mulai dikenal masyarakat luas dengan adanya blogs, mudah dikenali letak tokonya dengan adanya papan nama dan banner, konsumen mudah melihat contoh produk dengan adanya katalog produk.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Produksi; Dompet.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering > School of Industrial Engineering
Depositing User: Dewi Komalasari
Date Deposited: 29 Oct 2016 06:42
Last Modified: 29 Oct 2016 06:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item