Istikomah, Istikomah (2017) Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
INTEGRASI ILMU SEBUAH KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IDEAL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (300kB) | Preview |
Abstract
Dikotomi ilmu dalam Islam telah lama terjadi, salah satu wujudnya adanya lembaga pendidikaan pesantren, madrasah dan sekolah. Pesantren dan madrasah mewakili sebagai sekolah agama, sementara sekolah mereprentasikan sebagai sekolah umum. Namun para pemikir dan pemerhati pendidikan Islam terus berupaya untuk mengikis dikotomi tersebut, salah satu bentuknya adalah adanya pesantren yang mendirikan sekolah atau madrasah, sehingga terjadi integrasi keilmuan antara ilmu agama dan umum. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dengan muatan kurikulum pengetahuan umum yang dominan, hanya mampu mencetak generasi yang cerdas intelektual, namun belum diimbangi dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Sementara pesantren yang hanya mengkaji ilmu agama semata tidak mampu mengantarkan lulusanya untuk siap dalam menghadapi dunia kerja. Integrasi ilmu agama dan umum dengan format mengintegrasikan lembaga pendidikan pesantren, madrasah dan sekolah dalam satu institusi pendidikan yang lebih dikenal dengan boarding school ternyata menjadi model pendidikan Islam yang ideal saat ini. Tuntutan ekonomi dan peluang kaum perempuan untuk masuk disektor publik dan bursa kerja, maka banyak orang tua yang menyerahkan pengasuhan dan pembimbingan putra putinya ke institusi pendidikan yang dengan program boarding. Sebab, sistem ini mampu membentuk karaktek dan penguasaan ilmu pengetahuan umum dan agama secara seimbang dengan waktu pembimbingan full time. Kata kunci: Intergrasi Ilmu, Konsep, Pendidikan Islam Ideal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 03:57 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 03:57 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |