Pengembangan Usaha Ayam Petelur

Sujanarko, M Pengembangan Usaha Ayam Petelur. Kewirausahaan.

[img] Text
UTD_4B1_022_M Sujanarko KWU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)

Abstract

Agribisnis adalah salah satu sektor yang didasarkan pada bisnis pertanian atau bidang lainnya yang mendukungnya. Aktivitas di sektor agribisnis termasuk salah satu atau semua rantai sepanjang produksi, pengolahan dan pemasaran termasuk peternakan unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil peternak layer, strategis internal faktor (kekuatan dan kelemahan) dan pengaruh eksternal (peluang dan tantangan) peternakan unggas serta pengembangan strategi alternatif dan strategi apa prioritas yang layak. Responden diakhiri dengan menggunakan sampling acak proporsional atas lapisan petani. Faktor internal dan eksternal dievaluasi oleh matriks IFE dan matriks EFE. Alternatif strategi yang ditentukan dengan matriks IE dan matriks SWOT, dan untuk penentuan prioritas strategis ditentukan oleh matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal merupakan kekuatan utama dalam pembangunan peternakan unggas adalah bisnis turun temurun dan ketersediaan alat transportasi. Secara eksternal, faktor utama adalah tersedianya peluang pasar dan kekurangan distribusi dan pertumbuhan populasi. Faktor adalah tantangan utama dan fluktuasi harga penyakit ayam. Strategi utama (grand strategy) untuk pengembangan agribisnis peternakan unggas adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Strategi penetrasi pasar adalah strategi digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar produk atau layanan melalui upaya pemasaran lebih besar. Strategi pengembangan produk adalah strategi yang bertujuan menjadikan perusahaan itu bermitra untuk meningkatkan penjualan dengan meningkatkan atau memodifikasi produk yang ada sekarang. Strategi alternatif adalah meningkatkan pangsa pasar untuk mencapai posisi pemimpin pasar melalui kebijakan pemerintah daerah dan perusahaan terkait, kontrol dan pengawasan hama atau penyakit pada peternakan agar berkelanjutan, jaminan modal dan mengoptimalkan petugas lapangan, dan mengoptimalkan modal kerja dan meningkatkan kemampuan dalam pengembangan agribisnis yang efisien. Prioritas strategis agribisnis peternakan unggas pengembangan adalah strategi untuk mencapai peningkatan posisi pemimpin pasar pangsa pasar melalui kebijakan pemerintah daerah dan perusahaan terkait.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering > School of Electronics Engineering
Depositing User: Jamaaluddin Jamaaluddin
Date Deposited: 27 Apr 2020 12:20
Last Modified: 27 Apr 2020 12:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item