Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Pada Matakuliah Algoritma Dan Pemrograman

Sultoni, Sultoni (2017) Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Pada Matakuliah Algoritma Dan Pemrograman. In: Seminar Nasional ALPTK PTM " Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan Ke II", 3 Agustus 2017, Lombok.

[img]
Preview
Text
Artikel ALPTKPTM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (578kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang sudah semakin maju dan sudah merambah kesegala lini kehidupan tidak memandang status baik tua muda, miskin kaya semuanya sudah terjangkit dengan wabah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi dampak baik dan dampak buruk, tergantung dari kita sebagai pengguna mau memposisikan pada sisi yang mana perkembangan TIK tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini juga sangat membantu pada dunia pendidikan, terutama dalam pembuatan tugas tugas kuliah seperti makalah maupun tugas praktikum, mahasiswa dengan sangat mudah akan mendapatkan topik atau tema yang akan dicari dalam hitungan menit bahkan detik. Namun disisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang kurang baik terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan terhadap hasil belajar mahasiswa PTIK pada matakuliah algoritma dan pemrograman di Fakultas KIP Umsida, yang menurun hasil belajarnya di beberapa unsur penilaian karena mahasiswa beranggapan “ tidak perlu belajar karena semua data dan informasi sudah tersedia di internet”. Untuk itu motivasi dan dorongan serta support dari semua unsur terutama dosen tetap diperlukan, guna menunjang hasil belajar mahasiswa tetap optimal. Karena berdasarkan hasil perhitungan hubungan antara model SCL dan TCL memiliki hubungan yang saling ketergantungan yaitu memiliki nilai korelasi 0,98 ini artinya keduanya tidak bisa dipisahkan, harus berjalan seirama dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang maksimal khususnya pada matakuliah algortima dan pemrograman

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Depositing User: Sultoni Sultoni
Date Deposited: 15 Aug 2017 05:39
Last Modified: 15 Aug 2017 05:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item